Visi & Misi


Visi

“Menjadi sekolah kejuruan yang mampu mencetak lulusannyya sebagai insan berkualitas, berkarakter santri, dan berjiwa entrepreneur, sehingga mampu bersaing di tingkat lokal, regional, dan nasional maupun global pada tahun 2029.”

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang inovatif dan kompetitif, sehingga pembelajaran berlangsung efektif dan produktif untuk meraih prestasi belajar yang maksimal, sehingga lulusannya memiliki ketrampilan sesuai bidangnya.
  2. Menciptakan lingkungan belajar yang berkarakter melalui penegakan keteladanan dan pembiasaan dalam berperilaku disiplin dan sikap saling
  3. Menyelenggarakan pendidikan berbasis pesantren yang lekat dengan pendidikan karakternya dan berorientasi pada kewiraushaan, baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler sehingga siswa akan memiliki jiwa santri

 

Tujuan Sekolah

Menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan karena menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi (basic of science and technology), berkarakter, dan memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga selain mampu bekerja secara terampil dan mandiri, dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi yang berkualitas baik, maupun menjadi santri entrepreneur yang sukses.

 

Strategi Sekolah

  1. Menjaring siswa dari lulusan SMP/ MTs Negeri/ Swasta melalui seleksi raport tertulis, dan/atau penelusuran bakat, terutama lulusan dari MTs Pesantren Assalafiyyah.
  2. Menciptakan iklim belajar yang menyenangkan, sehat, kreatif, inovatif, dan kompetitif guna mendorong siswa meraih prestasi.
  3. Mengembangkan proses belajar mengajar dengan prinsip belajar tuntas sesuai dengan kompetensi.
  4. Menyiapkan tenaga pendidik yang professional penuh loyalitas dan dedikasi.
  5. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.
  6. Mengadakan kerjasama pendidikan dengan berbagai pihak terkait.

 

Lingkungan dan Budaya Sekolah

SMK Assalafiyyah Sleman dirancang sebagai sekolah berbasis pesantren dengan model yang memiliki keunggulan secara terpadu, yaitu prestasi akademik, berkarakter santri, dan memiliki jiwa entrepreneur. Peserta didik dan semua lapisan masyarakat akan dapat mengikuti proses pendidikan berkualitas ini. Untuk mewujudkan keunggulan ini system dirancang sedemikian rupa agar kondusif dan harmonis dengan lingkungan sekolah serta pesantren. Para siswa atau santri akan diasramakan sehingga pembentukan karakter dan pemantauan 24 dapat berjalan secara maksimal.

 

Ciri Khas Keunggulan

SMK Assalafiyyah Sleman dirancang menjadi model sekolah berbasis pesantren yang memiliki keunggulan dalam prestasi akademik, berkarakter santri, dan berjiwa entrepreneur. Untuk mewujudkan keunggulan ini, kurikulum dan lingkungan belajar dirancang sedemikian rupa agar kondusif dan harmonis.

 

Tata Nilai

Tata nilai norma perilaku SMK Assalafiyyah Sleman adalah:

  1. Belajar dan mengajar yang berkualitas.
  2. Bekerja berdasarkan prinsip professional.
  3. Melakukan perbaikan secara kontinyu.
  4. Menumbuhkan sikap kreatif dan inovatif.
  5. Penanaman akhlaqul karimah sesuai dengan nilai-nilai kepesantrenan

Target

  1. Mulai tahun lulus pertama SMK Assalafiyyah Sleman dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, diterima di perusahaan atau instansi lain, ataupun dapat menjadi pelaku usaha mandiri.
  2. Terbentuknya siswa yang berkarakter santri, baik di lingkungan sekolah ataupun masyara
  3. Terwujudnya siswa yang memiliki jiwa